15 Merk Kipas Angin Terbaik Dan Hemat Listrik

By merekbagus

Merk Kipas Angin Terbaik

Kipas angin merupakan salah satu alat elektronik yang banyak digunakan oleh masyarakat khususnya yang tinggal di daerah tropis. Produk ini sangat bermanfaat dikala musim panas menyerang karena dapat menyejukkan ruangan. Meskipun AC dikatakan lebih baik, namun tidak semua rumah memiliki listrik yang memadai selain itu tentunya pengeluaran juga lebih banyak jika menggunakan AC. Maka dari itu tak heran banyak yang menggunakan kipas angin sebagai alternatif. Dipasaran ada banyak sekali merk kipas angin dan berikut ini merk kipas angin terbaik dan hemat listrik. Namun sebelumnya mari simak cara memilih kipas angin yang tepat

Cara Memilih Kipas Angin Yang Tepat

Agar kamu mendapatkan kipas angin yang sesuai dengan keinginanmu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika membelinya. Nah, berikut ini cara memilih kipas angin yang tepat.

1. Pilih Berdasarkan Model Dan Jenis Kipas Angin

Kipas angin memiliki banyak pilihan model yang bisa dipilih, ada model kipas angin duduk (floor fan), kipas dinding (wall fan) dan kipas multifungsi (3 in 1). Model dari kipas angin ini tentunya dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuan.

  • Kipas Angin Duduk (Floor Fan)
    Kipas angin model duduk ini memiliki dua bahan dasar pembuatan kerangka yaitu besi dan plastik. Buat kalian yang ingin kemudahan ketika memindahkan kipas, pilih kipas angin duduk yang terbuat dari material plastik. Namun jika kamu ingin memiliki kipas angin yang tahan lama, pilih kipas angin yang materialnya terbuat dari besi. Selain itu, meskipun harga kipas angin duduk ini cukup terjangkau, namun dari segi performa kurang maksimal karena daya jangkau anginya tidak luas.
  • Kipas Angin Berdiri (Standing Fan)
    Selain kipas angin duduk, terdapat juga kipas angin berdiri atau standing fan. Kipas angin ini dapat menjangkau lebih banyak area dalam satu ruangan. Jenis kipas angin ini juga biasanya disertai dengan leher yang bisa diatur tinggi dan pendeknya. Karena dapat diatur panjang dan pendek pada lehernya, tentu saja kipas angin ini aman digunakan jika kamu memiliki anak kecil dirumah.
  • Kipas Angin Dinding (Wall Fan)
    Jika kamu memiliki ruangan yang sempit namun ingin ruangan terasa nyaman dan sejuk, kamu dapat memilih kipas angin jenis dinding satu ini atau wall fan. Kipas angin ini dapat dipasang di dinding dengan mengaitkan paku yang terdapat ditembok. Selain itu, kipas angin ini juga dapat berputar 90° yang tentunya sangat nyaman digunakan ketika cuaca sedang panas-panasnya. Kipas angin jenis ini juga sangat aman digunakan untuk kamu yang memiliki anak kecil, karena akan sulit dijangkau.
  • Kipas Angin Multifungsi (3 in 1)
    Buat kalian yang ingin kemudahan hanya dengan satu produk, kalian dapat memilih kipas angin 3 in 1 satu ini. Produk ini tidak hanya dapat digunakan dalam satu model saja, namun juga dapat digunakan dalam berbagai model seperti duduk, berdiri dan di tempelkan di dinding. Namun sayangnya harga dari kipas angin ini tergolong mahal, tetapi meskipun mahal kamu dapat merasakan kemudahan hanya dengan satu produk saja.

2. Jika Memiliki Balita Hindari Kipas Angin Model Duduk

Jika kamu memiliki balita dirumah adabaiknya jangan memilih model kipas angin duduk. Hal ini dikarenakan bisa saja anak memindahkan kipas angin kemana pun yang diinginkan. Selain itu, bisa saja anak memasukan jarinya melalui front guard karena penasaran dengan baling-baling yang berputar-putar. Meskipun baling-baling terbuat dari plastik namun tetap saja dapat melukai si kecil. Jika kamu tetap ingin menggunakan kipas angin duduk pilihlah yang dilengkapi dengan kaki agar mudah menjadikannya standing fan.

3. Pilih Metode Kontrol Yang Sesuai

Kipas angin pada umumnya memiliki beberapa fitur yaitu timer, swing dan lainnya. Secara umum terdapat dua macam sistem pengaturan kipas, berikut penjelasannya.

  • Mekanis
    Kipas angin dengan pengaturan mekanis, kipas angin ini sangat mudah digunakan kamu hanya perlu menekan tombolnya saja dan kipas angin pun akan bekerja dengan baik. Untuk timernya biasanya hanya diputar, ini adalah cara lama yang memanfaatkan gerak pegas spiral. Pada umumnya kipas angin mekanis ini hanya memiliki tombol pengaturan kecepatan dan timer-off saja.
  • Microcomputer
    Selain kipas angin mekanis terdapat juga kipas angin microcomputer, dimana kipas anhin ini menggunakan fungsi control elektronik. Untuk mengatur kipas anginnya seperti kecepatan kipas, timer, swing mode kamu dapat menggunakan remote control yang tersedia. Tak heran jika kipas angin jenis ini memiliki harga yang cukup mahal.

4. Pertimbangkan Jumlah Baling-Baling Kipas

Mungkin banyak yang tidak mengetahui, jika jumlah baling-baling pada kipas juga dapat mempengaruhi kekuatan angin dan suara mesin yang dihasilkan. Jika kamu ingin angin yang sepo-sepoi pilih saja kipas angin yang memasang banyak baling-baling. Namun semakin banyak baling-baling, akan semakin bising suaranya. Jika kamu menyukai angin yang kencang maka pilih saja kipas angin yang memiliki baling-baling tiga atau empat. Kipas angin tanpa baling-baling juga bisa kamu pilih sebagai penyejuk ruangan. Produk satu ini lebih aman untuk anak-anak dan memiliki hembusan angin yang lembut, selain sebagai kipas angin tower fan ini juga berfungsi sebagai sirkulator dan air conditioning.

5. Cek Pergerakan Arah Kipas Angin

Ketika membeli kipas angin jangan lupa untuk memperhatikan gerakan arah kipas angin, pastikan jika angin tersalurkan merata ke seluruh ruangan. Di pasaran terdapat kipas angin yang bergerak secara horizontal dan ada juga yang bergerak secara vertikal bahkan bisa diatur bertahap.

6. Cek Ketersediaan Remote Control Dan Fitur Lainnya

Setiap kipas angin tentunya memiliki beberapa fitur yang menarik, seperti jika kamu memiliki anak-anak atau hewan peliharaan maka pilih kipas angin yang memiliki fitur child lock. Selain itu, terdapat juga kipas yang memiliki fungsi nirkabel, pengoperasian otomatis dengan sensor suhu hingga pengaturan suara.

7. Pilih Kipas Angin Yang Hemat Energi

Selanjutnya yang harus kamu perhatikan ketika membeli kipas angin yaitu pilih kipas angin yang hemat energi. Beberapa merk kipas angin sudah banyak yang menghadirkan kipas angin kencang yang tidak memakan banyak listrik. Maka dari itu kamu dapat menghemat pengeluaran bulanan.

Rekomendasi Merk Kipas Angin Terbaik Dan Hemat Listrik

Jika kamu sudah memahami cara memilih kipas angin yang tepat, sekarang saatnya kamu memilih merk kipas angin terbaik dan hemat listrik. Berikut ini daftarnya.

1. Cosmos 16SDB Stand Fan

Merk Kipas Angin Terbaik

photo via tokopedia.com

Kipas angin ini dilengkapi dengan bilah kipas berukuran 16 inci, produk ini juga memiliki 3 level kecepatan dan tombol berhenti yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Produk ini memiliki desain kipas angin hitam elegan dengan tombol model berputar (Rotary Model Switch). Selain itu kipas angin ini juga dilengkapi dengan blade yang dapat menghasilkan angin sejuk yang lebih melebar dan merata ke seluruh ruangan. Untuk daya listriknya, kipas angin Cosmos 16SDB Stand Fan ini memiliki daya listrik sebanyak 46 Watt.

2. Cosmos 16 WFC Wall Fan

Merk Kipas Angin Terbaik

photo via cosmos.id

Kipas angin dinding ini memiliki bilah kipas berukuran 16 inci dan memiliki 3 level kecepatan. Produk ini dilengkapi dengan tombol berhenti yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Blade pada kipas angin ini dirancang untuk menghasilkan angin sejuk yang lebih melebar dan merata keseluruh ruangan. Dengan daya masukan 46 Watt tentunya akan menghemat pengeluaran bulananmu.

3. Denpoo Electric Fan DF-16NX

Merk Kipas Angin Terbaik

photo via tokopedia.com

Denpoo Electric Fan DF-16NX adalah salah satu merk kipas angin terbaik dan hemat listrik. Kipas angin ini tidak hanya dapat digunakan sebagai kipas angin berdiri saja, namun juga dapat digunakan sebagai kipas angin meja. Produk ini juga dilengkapi dengan 3 pengaturan kecepatan angin yang akan membuat ruangan terasa lebih sejuk. Yang menarik dari produk ini yaitu kipas angin ini dilengkapi dengan jam analog sehingga kamu dapat dengan mudah melihat waktu.

4. Gree Mist Fan WKY-3001Bh5

Merk Kipas Angin Terbaik

photo via blibli.com

Kipas angin ini dilengkapi dengan fitur teknologi 4 in 1 yaitu pelembab ultrasonik, pendinginan, kabut dan kipas. Produk ini dilengkapi dengan tangki air 2.5 L yang dapat dilepas dan jika tangki air habis maka mesinya akan mati secara otomatis. Selain itu, kipas angin ini juga dilengkapi dengan LED display, touch panel dan on/off timer.

5. Kris FTF44

Merk Kipas Angin Terbaik

photo via bukalapak.com

Buat kalian yang memiliki ruangan sempit, sangat cocok menggunakan kipas angin dari Kris FTF44 ini. Tower fan ini hemat listrik dan efisien, selain itu kipasnya juga ringan sehingga mudah dipindahkan ke ruangan lainnya. Kipas angin ini dibekali dengan remote control yang tentunya sangat mudah digunakan, terdapat juga layar LED yang dapat menampilkan temperatur ruangan pada produk ini. Kris FTF44 ini memiliki timer yang dapat kamu setting untuk mengurangi efek buruk penggunaan kipas angin.

6. Miyako Desk Fan KAD-927B

Merk Kipas Angin Terbaik

photo via shopee.co.id

Kipas angin ini memiliki dua fungsi yaitu kipas angin meja dan kipas angin dinding. Selain itu kipas angin ini juga memiliki 2 pilihan kekuatan angin yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan. Produk ini dilengkapi dengan mesin motor berkualitas yang membuat suara kipas menjadi halus. Kipas angin ini memiliki fitur thermofuse yang berguna sebagai pengaman dan mencegah terjadinya over heat pada motor kipas. Dengan daya listrik 35 watt tentunya sangat menghemat pengeluaran listrik.

7. Miyako KAD-1227 B Desk Fan

Merk Kipas Angin Terbaik

photo via tokopedia.com

Satu lagi produk kipas angin yang dimiliki oleh brand Miyako yaitu Miyako KAD-1227 B Desk Fan. Kipas angin ini memiliki 2 fungsi yaitu kipas angin meja dan kipas angin dinding. Produk ini juga memiliki 3 pilihan kekuatan angin yang bisa kamu sesuaikan. Dengan mesin motor yang berkualitas tentunya membuat suara kipas menjadi sangat lembut ketika digunakan. Sama seperti tipe kipas sebelumnya, kipas angin tipe ini juga dilengkapi dengan fitur thermofuse yang berguna sebagai pengaman dan mencegah terjadinya over heat pada motor kipas. Selain itu, kipas angin ini juga memiliki grill cover dengan bahan plastik yang mudah dibongkar pasang serta lebih mudah dibersihkan. Untuk daya listriknya Miyako KAD-1227 B Desk Fan ini memiliki daya hemat sekitar 45 watt.

8. Maspion Box Fan JF-1221

Merk Kipas Angin Terbaik

photo via blibli.com

Kipas angin ini mampu memberikan kesejukan hanya dengan daya listrik sebesar 18 watt saja. Produk ini pun juga dapat bertahan maksimal 5 jam ketika listrik sedang padam, tak heran kipas angin ini sering disebut kipas angin emergency. Maspion Box Fan JF-1221 ini dilengkapi dengan 1 tombol on/off dan 3 level speed yang dapat diatur sesuai dengan kenyamanan.

9. Maspion Power Fan 18″ 3 in 1 PW-451

Merk Kipas Angin Terbaik

photo via tokopedia.com

Maspion Power Fan 18″ 3 in 1 PW-451 adalah kipas angin berukuran 18 inci yang dapat diatur dengan 3 posisi yaitu berdiri, duduk dan dinding. Kipas angin ini memiliki baling-baling yang terbuat dari aluminium yang anti karat dan mesin motor menggunakan ball bearing sehingga tahan lama dan tidak bising. Produk ini menyematkan sekering pengaman panas, aman dari kepanasan berlebihan dan terdapat switch tall yang memudahkan kamu untuk mengatur kecepatan kipas angin ketika menggunakannya dalam mode dinding.

10. Mistral MSF16J11R

Merk Kipas Angin Terbaik

photo via mistral-id.com

Kipas angin berdiri ini memiliki ukuran 16 inci yang mampu memberikan kesejukan menyeluruh di ruangan. Dilengkapi dengan 3 kecepatan yang dapat diatur dengan remote control tentunya sangat praktis digunakan. Mistral MSF16J11R ini juga dilengkapi dengan sekering pengaman suhu dan mesin yang terbuat dari 100% tembaga. Kipas brand dari Mistral ini memiliki daya sebesar 50 watt.

11. Panasonic F-EP405

Merk Kipas Angin Terbaik

photo via tokopedia.com

Kipas angin dari brand Panasonic ini memiliki 3 keunggulan yang telah diuji yaitu super nyaman, super aman dan super bandel. Dengan baling-baling berdiameter 40 cm tentunya dapat menghasilkan hembusan angin yang lebih besar. Kerja motor dan baling-baling juga tidak berisik. Dilengkapi juga dengan teknologi thermal fuse otomatis yang dapat menghentikan kerja motor jika suhu motor mencapai batas maksimal sehingga bahaya kebakaran dapat dihindari. Kipas angin ini menggunakan material bahan non toxic yang ramah lingkungan dan RoHS Free. Bebas dari zat-zat berbahaya untuk kesehatan yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

12. Regency Tornado Fan Deluxe DLX 16

Merk Kipas Angin Terbaik

photo via tokopedia.com

Regency Tornado Fan Deluxe DLX 16 adalah salah satu kipas angin yang bertenanga kencang. Produk ini dilengkapi dengan Fan Blade berukuran 16 inci yang mampu menghasilkan hembusan angin yang menyejukkan. Kipas angin ini memiliki tipe floor fan yang memiliki desain elegan dengan menggunakan material besi yang kuat, kokoh dan tahan lama. Ketika digunakan produk ini tidak akan mengeluarkan suara bising. Selain itu, kipas angin ini juga dilengkapi dengan thermal fuse yang akan menjaga motor tetap dingin. Untuk konsumsi daya listriknya sendiri, kipas angin ini hanya menggunakan daya 85 watt saja.

13. Sekai HFN-1050 Velocity Fan

Merk Kipas Angin Terbaik

photo via tokopedia.com

Produk ini bisa kamu jadikan pilihan jika mencari kipas angin yang kuat dan tahan lama, karena kipas angin ini menggunakan rangka besi. Pada baling-balingnya terbuat dari bahan aluminium yang dirancang agar hembusan anginnya kencang. Kipas angin ini memiliki 3 pengaturan kecepatan dan 1 tombol off, selain itu produk ini juga dilengkapi dengan sistem pengaman panas yang berlebih.

14. Sekai IST-1851 3 in 1 Fan

Merk Kipas Angin Terbaik

photo via blibli.com

Sekai IST-1851 3 in 1 Fan merupakan kipas angin 3 in 1 yang dapat kamu jadikan pilihan sebagai kipas angin multifungsi. Kipas angin ini dapat digunakan secara berdiri, diletakkan di meja dan di dinding. Dengan ukuran baling-baling yang cukup besar yaitu sekitar 18 inci tentunya mampu menghasilkan hembusan angin yang lebih besar dan mampu menjangkau ke seluruh ruangan. Kipas angin ini hanya membutuhkan daya sebesar 90 watt saja sehingga tagihan listrik kamu tidak akan meningkat drastis.

15. Turbo Wall Fan CFR 5889

Merk Kipas Angin Terbaik

photo via tokopedia.com

Kipas angin ini dilengkapi dengan double blade sehingga memiliki hembusan angin yang lebih merata baik dari sisi tengah maupun samping. Selain itu, dilengkapi juga dengan new motor yang cukup powerfull sehingga mampu menghasilkan angin lebih kencang. Produk ini dirancang dengan baling-baling 16 inci sehingga tak perlu diragukan lagi kinerjanya dalam hembusan angin yang kencang. Meskipun hembusan anginnya kencang, kipas angin ini hanya membutuhkan daya listrik sebesar 65 watt.

Kesimpulan

Itulah beberapa merk kipas angin terbaik dan hemat listrik yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Dari deretan kipas angin diatas, kipas angin merk mana yang ingin kamu miliki?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.