7 Kelebihan Canon 1100D yang Membuatnya Digandrungi Fotografer Pemula

By merekbagus

Canon EOS 1100D

Salah satu hobi yang sering dianggap mahal adalah fotografi. Padahal untuk menjalankan kesenangan ini Anda tidak harus menggunakan kamera yang mahal. Menggunakan kamera standar saja masih bisa menyenangkan. Apalagi masih pemula dan sedang belajar di ranah ini.

Jika Anda ingin masuk dan belajar fotografi, sangat disarankan untuk membeli kamera bujet yang fungsional. Salah satu kamera yang bisa digunakan adalah Canon 1100D. Kamera ini memang keluaran lawas dan agak jadul, tetapi memiliki cukup banyak kelebihan utama pemula.

Sebelum memutuskan untuk membeli kamera ini, ada baiknya untuk menyimak beberapa kelebihan berikut.

1. Kapasitas Baterai yang Besar

Kapasitas baterai yang dimiliki oleh kamera ini cenderung lebih besar dibandingkan dengan yang lain. Dengan kapasitas yang besar, Anda bisa membawa kamera ini untuk kegiatan outdoor. Jadi, tidak perlu terus mengisi baterai.

Meski demikian, jika ingin melakukan pemotretan dalam jangka waktu yang lama disarankan untuk mencari baterai serep. Jadi, ketika baterai yang digunakan habis bisa langsung dilepas dan digunakan kembali.

2. Cocok untuk Kondisi Minim Cahaya

Kamera ini memiliki sensor yang sangat berkualitas meski cukup jadul. Dengan sensor ini, pengambilan gambar di area yang sedikit redup atau gelap sekali pun bisa berjalan dengan lancar. Jadi, kamera bisa dipakai pada sore hingga malam hari atau di dalam ruangan.

3. Dilengkapi Autofokus

Satu kesulitan terbesar saat menggunakan kamera manual atau DSLR adalah untuk menentukan fokus dari foto yang sedang diambil. Umumnya harus ditekan layarnya atau diposisikan lensanya. Apabila sudah selesai, umumnya fokus akan menuju ke satu atau beberapa titik yang berbeda.

Jika menggunakan kamera 1100D, fokus yang ada di sana bisa muncul secara otomatis. Artinya tidak perlu menekan apa pun di layar. Setidaknya ada sekitar 9 fokus yang ada di sana dan akan memudahkan untuk melakukan pengambilan gambar.

Selain itu, juga ada sensor lensa yang memiliki kekuatan 12 MP. Lensa ini digunakan untuk mempertajam gambar yang dijepret. Jadi, tidak akan menemukan gambar yang buram atau blur.

4. Teknologi Sudah Cukup Canggih

Saat dikeluarkan pertama kali, teknologi yang digunakan oleh kamera ini sebenarnya sudah sangat canggih. Jika digunakan untuk keperluan sehari-hari saja sudah lebih dari cukup. Selain itu jika digunakan untuk keperluan profesional juga masih mampu.

Terdapat teknologi kompresi yang disematkan agar semua foto atau gambar yang diambil tidak memiliki ukuran terlalu besar. Namun, kualitas yang dimiliki oleh hasil jepretan atau rekamannya masih sangat tinggi dan berkelas.

Satu hal yang mungkin cukup disayangkan dari kamera ini adalah beratnya. Jika dibandingkan dengan beberapa kamera lain, Canon 1100D ini lebih berat. Jadi, jika digunakan dalam jangka waktu panjang biasanya akan membuat tangan mudah lelah.

5. Kualitas Rekaman Video Baik

Kemampuan untuk melakukan perekaman video mungkin masih kalah dengan varian yang lain. Namun, masih bisa diandalkan untuk mengambil gambar atau video dengan resolusi yang cukup lumayan. Setidaknya bisa mendapatkan 720p dengan kecepatan 25-30fps.

Video dengan resolusi ini sebenarnya sudah bisa digunakan untuk mengambil berbagai jenis video dengan mudah. Bahkan jika digunakan untuk membuat video untuk keperluan Youtube atau social media sekalipun tidak akan ada kesulitan sama sekali.

Hal terpenting jika ingin menggunakan kamera ini untuk merekam video adalah durasinya. Usahakan untuk selalu merekam dengan durasi tidak terlalu panjang. Jadi, kualitas dari video yang ada di dalamnya tetap terjaga.

6. Antarmuka Sederhana

Salah satu kesulitan terbesar jika menggunakan kamera DSLR yang memiliki spesifikasi atau teknologi terbaru adalah antarmukanya. Umumnya akan ada banyak sekali menu yang muncul di dalam layar dan tidak semua orang memahaminya dengan baik.

Untungnya jika menggunakan kamera Canon 1100D, antarmuka yang ditawarkan cenderung lebih sederhana dibandingkan dengan saudaranya. Jadi, kemungkinan besar seorang pemula pun masih bisa mengoperasikan seluruh fungsi yang ada di dalamnya secara maksimal.

Selain itu, antarmuka yang sederhana dari aplikasi juga memudahkan kita semua saat menggunakan tutorial. Dengan hanya melihat tutorial selama beberapa kali saja bisa menguasai semuanya dengan maksimal.

7. Cocok untuk Bujet Terbatas

Terakhir dan sebenarnya juga sangat penting adalah harga dari kamera itu sendiri. Seperti yang sudah diketahui bersama, kamera ini dikeluarkan untuk pertama kali pada tahun 2011. Artinya sudah berusia 10 tahun lebih di pasaran.

Untuk mendapatkan barang baru sebenarnya cukup mudah. Namun, yang tersedia di pasaran biasanya produk yang bekas atau second hand. Jadi, kemungkinan besar produk bekas lebih mudah ditemukan.

Harga dari produk ini bervariasi dan umumnya di bawah Rp5 jutaan. Meski harganya murah, usahakan untuk tidak asal memilih barang. Karena jika hanya asal memilih saja, kemungkinan besar bisa mendapatkan produk yang cacat atau tidak bisa digunakan secara maksimal.

Saat ini kamera entry level atau kelas bawah memang cukup mudah ditemukan di luar sana. Namun, apabila memiliki bujet yang terbatas, memang disarankan untuk membeli Canon 1100D. Kamera sudah cukup untuk pemula yang ingin belajar fotografi mulai dari awal.

Varian kamera ini ada banyak dan mudah ditemukan secara online di Blibli. Harganya juga bervariasi karena ada yang menyajikan versi baru dan bekas. Sebelum membeli pertimbangkan harga dan kondisi produk agar mendapatkan apa yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.