15 Merk Obat Panas / Demam Anak Yang Bagus

3 bulan lalu, by Merek Bagus

Merk Obat Panas / Demam Anak Yang Bagus

Ketika si kecil sakit demam atau panas, sebagai orang tua pastinya memiliki rasa khawatir. Badan si kecil yang terserang demam biasanya membuatnya kurang nyaman sehingga mereka menjadi rewel. Hal pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan mengopres si kecil dengan air hangat. Selain itu, untuk mencegah panas tubuhnya semakin tinggi, orang tua juga dapat memberikan merk obat panas / demam anak yang bisa dibeli di Apotek.

Ada banyak sekali merk obat panas / demam yang dijual, setiap produk tentunya mengklaim bahwa mereka memiliki manfaat yang ampuh untuk menurunkan demam. Tak jarang kita sebagai orang tua merasa bingung harus memilih yang mana. Nah dari sekian banyak obat demam anak, ada beberapa obat demam yang sudah merekbagus rangkum. Berikut daftar merk obat demam untuk anak yang bagus

Waktu Yang Tepat Memberikan Obat Penurun Panas

Dikutip dari honestdocs.id berikut ini waktu yang tepat memberikan obat penurun panas pada anak berdasarkan kelompok usia dan derajat tingginya demam. Berikut ulasannya

  • Umur 0-3 bulan : Suhu rektal 38°C atau lebih tinggi, maka sebaiknya langsung hubungi dokter meskipun tidak ada tanda atau gejala lainnya pada bayi.
  • Umur 3-6 bulan : Suhu rektal sampai 38°C, maka biarkan bayi istirahat dan beri banyak minum (ASI). Tidak perlu memberikan obat penurun panas, namun hubungi dokter jika si kecil rewel seperti tidak biasanya atau gelisah dan hanya ingin tidur.
  • Umur 6-24 bulan : Suhu rektal > 38°C, maka perlu diberi obat demam parasetamol sesuai dengan dosis berat badan untuk anak jika bingung kalian dapat melihatnya pada kemasan obat. Jika usia anak > 6 bulan, ibuprofen juga dapat diberikan tetapi harus disesuaikan dengan takaran dosis yang sesuai usia atau berat badan. Jangan pernah memberikan obat demam yang mengandung aspirin (asam asetil salisilat) pada anak usia < 18 tahun. Hubungi dokter jika demam tidak kunjung turun atau setelah lebih dari sehari panasnya tidak turun juga.
  • Usia 2-17 tahun : Suhu tubuh hingga 38,5°C yang diambil secara rektal untuk anak di bawah usia 3 tahun atau suhu oral untuk anak di atas 3 tahun maka biarkan anak beristirahat dan minum air putih lebih banyak. Obat demam atau penurun panas diberikan bila memang perlu dan hubungi dokter jika anak rewel tidak seperti biasanya, terlihat gelisah, atau mengeluh sakit yang signifikan
  • Usia 2-17 tahun : Suhu tubuh > 38,5°C yang diambil secara rektal untuk anak di bawah 3 tahun atau suhu oral untuk anak di atas 3 tahun maka berikan obat demam acetaminophen (paracetamol) atau ibuprofen. Sebelum memberikan obat, bacalah takaran dosisnya sesuai umur atau berat badan. Jangan memberikan obat demam yang dikombinasikan dengan obat batuk dan pilek. Selain itu, jangan pernah memberikan obat demam yang mengandung aspirin (asam asetil salisilat) pada anak usia < 18 tahun. Hubungi dokter jika demam tidak kunjung turun atau setelah lebih dari sehari

Rekomendasi Merk Obat Panas / Demam Anak Yang Bagus

1. Alphamol Paracetamol Sirup

Merk Obat Panas

photo via goapotik.com

Rekomendasi merk obat panas / demam anak yang pertama adalah Alphamol Paracetamol Sirup. Obat ini mengandung zat aktif paracetamol 60 mg yang dapat digunakan untuk menurunkan demam dan meringankan sakit kepala dan sakit gigi. Alphamol ini dapat diberikan kepada si kecil sebelum atau sesudah makan.

Selain itu, obat ini termasuk dalam golongan obat bebas sehingga tidak memerlukan resep dokter untuk membelinya.

Dosis Yang Dianjurkan

  • Dewasa : 3-4 x sehari 2 sendok makan,
  • Anak 7-12 tahun : 3-4 x sehari 1 sendok makan,
  • Anak 1-6 tahun : 3-4 x sehari 2 sendok teh,
  • Anak 6 bulan-1 tahun : 3-4 x sehari 1 sendok teh,
  • Bayi 0-6 bulan : 3-4 x sehari 0.5 sendok teh.

2. Bodrexin Demam Paracetamol

Merk Obat Panas

photo via bodrexin.com

Obat satu ini tentunya sudah sangat populer di kalangan masyarakat, dimana obat ini ampuh menurunkan panas si kecil. Selain memiliki obat bentuk tablet, Bodrexin juga memiliki bentuk sirup yang akan memudahkan orang tua dalam memberikan obat pada si kecil. Tak perlu takut tentang rasanya karena obat ini memiliki rasa jeruk yang pastinya disukai anak.

Dalam obat ini mengandung paracetamol yang berfungsi untuk menurunkan demam dan meredakan nyeri ringan hingga sedang. Obat ini golongan obat bebas sehingga dapat dibeli secara bebas tanpa menggunakan resep dokter.

Dosis Yang Dianjurkan

  • Anak usia 0-3 bulan: ¼ sendok takar (1.25 ml), diminum 3-4 kali sehari.
  • Anak usia 4-11 bulan: ½ sendok takar (2.5 ml), diminum 3-4 kali sehari.
  • Anak usia 12-23 bulan: 3⁄4 sendok takar (3.75 ml), diminum 3-4 kali sehari.
  • Anak usia 2-3 tahun: 1 sendok takar (5 mL), diminum 3-4 kali sehari
  • Anak usia 4-5 tahun: 1½ sendok takar (7.5 mL), diminum 3-4 kali sehari
  • Anak usia 6-8 tahun: 2 sendok takar (10 mL), diminum 3-4 kali sehari.
  • Anak usia 9-10 tahun: 2 ½ sendok takar (12.5 mL), diminum 3-4 kali sehari.
  • Anak usia 11-12 tahun: 3 sendok takar (15 mL), diminum 3-4 kali sehari.

3. Bufect Ibuprofen Suspensi

Merk Obat Panas

photo via halodoc.com

Bufect Ibuprofen adalah obat yang dapat digunakan untuk meredakan demam, mengurangi rasa sakit seperti sakit kepala, sakit gigi, nyeri perut dan nyeri otot. Obat ini bekerja dengan menghalangi produksi zat alami tertentu didalam tubuh yang dapat menyebabkan peradangan sehingga mampu mengurangi pembengkakan.

Meskipun obat ini tergolong obat bebas terbatas yang dapat dibeli tanpa menggunakan resep dokter. Tetap saja kamu harus memperhatikan aturan pakai serta efek sampingnya yang tertera di dalam kemasan. Obat demam ini dapat dikonsumsi setelah makan dengan dosis yang tertera di kemasan.

Ketika mengkonsumsi obat ini kemungkinan ada efek samping yang terjadi seperti mual, muntah, diare dan sembelit.

Dosis Yang Dianjurkan

  • Dewasa dan anak-anak usia > 8 tahun: 2 sendok takar (10 mL), diminum 3-4 kali sehari.
  • Anak-anak 3-7 tahun: 1 sendok takar (5 mL), diminum 3-4 kali sehari.

4. Cupanol Sirup

Merk Obat Panas

photo via hdmall.id

Sebagai orang tua tentunya merasa khawatir jika si kecil sedang sakit seperti demam. Jika si kecil sedang demam, orang tua dapat memberikan obat satu ini yaitu Cupanol Sirup. Bentuknya yang berupa sirup ini pastinya sangat memudahkan kalian dalam pemberian obat untuk anak. Obat ini termasuk obat bebas yang mengandung zat aktif paracetamol.

Yang harus diperhatikan para orang tua, obat ini kemungkinan memiliki efek samping setelah pemberian. Dimana efek samping tersebut anatara lain ruam kulit, sakit tenggorokan, sariawan, nyeri punggung, tubuh terasa lemah, kulit atau mata berwarna kekuningan, urine berwarna keruh atau berdarah hingga tinja berwarna gelap atau BAB berdarah.

Selain itu, obat ini juga bisa menyebabkan kerusakan hati terutama jika penggunaanya melebihi dosis yang dianjurkan.

Dosis Yang Dianjurkan

  • Anak < 1 tahun : 3-4 x sehari 2.5 ml suspensi.
  • Anak 1-3 tahun : 3-4 x sehari 2.5 ml suspensi.
  • Anak 3-6 tahun : 3-4 x sehari 5 ml suspensi.
  • Anak 6-12 tahun : 3-4 x sehari 5-10 ml suspensi.
  • Di atas 12 tahun : 3-4 x sehari 15-20 ml suspensi.

5. Farsifen Ibuprofen

Merk Obat Panas

photo via shopee.co.id

Obat anti-inflamasi ini bekerja dengan menghalangi produksi tubuh dari zat alami tertentu yang menyebabkan peradangan. Efek ini membantu untuk mengurangi pembengkakan, nyeri dan demam.

Ketika memberikan obat ini kepada anak perhatikan juga efek samping yang terjadi. Efek samping yang dapat ditimbulkan setelah mengkonsumsi obat ini yaitu sakit perut, mual, muntah, sakit kepala, diare, sembelit, pusing dan mengantuk.

Aturan pakai obat ini yaitu harus dikonsumsi sesudah makan.

Dosis Yang Dianjurkan

  • 1-2 tahun: ½ sendok takar (50 mg) sebanyak 3-4 kali/hari.
  • 3-7 tahun: 1 sendok takar (100 mg) sebanyak 3-4 kali/hari.
  • 8-12 tahun: 2 sendok takar (200 mg) sebanyak 3-4 kali/hari.

6. Hufagripp TMP

Merk Obat Panas

photo via hufagripp.hufa.co.id

Hufagripp TMP adalah salah satu merk obat penurun panas yang bagus, obat ini mengandung zat aktif Ibuprofen. Kandungan obat ini termasuk Nonsteroidal anti Inflamatory Drug (NSAID). Selain dapat digunakan untuk menurunkan demam, obat ini juga dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala, sakit gigi, sakit pada telinga dan nyeri ringan lainnya.

Obat ini juga kemungkinan memiliki efek samping setelah mengkonsumsinya seperti mual, muntah, diare, nyeri lambung, ruam kulit, sesak napas, batuk dan infeksi saluran pernapasan.

Dosis Yang Dianjurkan

  • Dewasa: 2 sendok takar (10 ml), diminum 3-4 kali sehari.
  • Anak usia 8-12 tahun: 2 sendok takar (10 ml), diminum 3-4 kali sehari.
  • Anak usia 3-7 tahun: 1 sendok takar (5 ml), diminum 3-4 kali sehari.
  • Anak usia 1-2 tahun: ½ sendok takar, diminum 3-4 kali sehari.

7. Mirasic Paracetamol Sirup

Merk Obat Panas

photo via goapotik.com

Obat penurun panas ini dapat diberikan kepada anak usia diatas 6 bulan hingga 12 tahun. Seperti namanya, obat ini mengandung aktif Paracetamol. Obat ini juga termasuk dalam golongan obat analgetik (pereda nyeri) dan antipiretik (penurun demam).

Mirasic Paracetamol Sirup ini dapat juga digunakan untuk meringankan rasa sakit seperti sakit kepala, gigi, perut setelah pasca kecelakaan dan mengatasi peradangan.

Jika mengalami alergi pada kulit si kecil setelah mengkonsumsinya segera hentikan pemakaian.

Dosis Yang Dianjurkan

  • Anak < 1 tahun : 3-4 x sehari 2.5 ml sirup.
  • Anak 1-3 tahun : 3-4 x sehari 2.5 ml sirup.
  • Anak 3-6 tahun : 3-4 x sehari 5 ml sirup.
  • Anak 6-12 tahun : 3-4 x sehari 5-10 ml sirup.
  • Di atas 12 tahun : 3-4 x sehari 15-20 ml sirup.

8. Panadol Paracetamol Anak

Merk Obat Panas

photo via panadol.co.id

Tidak hanya memiliki varian obat untuk orang dewasa saja, Panadol juga memiliki varian obat penurun panas anak dalam bentuk sirup yang rasanya sangat disukai sabng buah hati.

Panadol anak ini dapat meredakan demam secara efektif bagi anak berusia 1 hingga 6 tahun. Selain demam obat ini juga dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit dan nyeri ringan seperti sakit kepala dan sakit gigi.

Jika rasa sakit bertahan lebih dari 3 hari dan demam tidak menurun selama 2 hari atau ada kemerahan pada kulit, segera hubungi dokter. Penggunaan dosis tinggi juga dapat menyebabkan kerusakan pada hati.

Dosis Yang Dianjurkan

  • Anak usia 1-2 tahun: 3.75 ml, diberikan 3-4 kali sehari.
  • Anak usia 2-3 tahun: 1 sendok takar (5 ml), diberikan 3-4 kali sehari.
  • Anak usia 4-5 tahun: 1.5 sendok takar (7.5 ml), diberikan 3-4 kali sehari.
  • Anak usia 6 tahun: 2 sendok takar (10 ml), diberikan 3-4 kali sehari.

9. Pamol Paracetamol Syrup

Merk Obat Panas

photo via bukalapak.com

Merk obat penurun panas / demam untuk anak ini mengandung paracetamol yang memiliki fungsi sebagai antipiretik dan analgesik. Pamol Paracetamol Syrup ini dapat meredakan nyeri atau sakit seperti sakit kepala, sakit gigi, sakit paska pencabutan gigi, nyeri otot dan demam setelah imunisasi.

Pamol Paracetamol Syrup ini dapat diberikan untuk anak berusia kurang dari 1 tahun hingga 12 tahun. Obat ini dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan, agar lebih jelas bisa lihat pada kemasan.

Hentikan penggunaan jika terjadi alergi, serta hati-hati pada pasien yang memiliki penyakit asma, gangguan fungsi hati dan ginjal.

Dosis Yang Dianjurkan

  • 0-1 tahun: ½ sendok takar 5 ml (2,5 ml) sebanyak 3-4 kali/hari.
  • 1-2 tahun: 1 sendok takar 5 ml sebanyak 3-4 kali/hari.
  • 2-6 tahun: 1-2 sendok takar 5 ml (5-10 ml) sebanyak 3-4 kali/hari.
  • 6-9 tahun: 2-3 sendok takar 5 ml (10-15 ml) sebanyak 3-4 kali/hari.
  • 9-12 tahun: 3-4 sendok takar 5 ml (15-20 ml) sebanyak 3-4 kali/hari.

10. Paracetine Syrup

Merk Obat Panas

photo via erela.co.id

Untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, bersin-bersin disertai batuk tidak berdahak, berikan si kecil obat Paracetine Syrup ini.

Jangan menggunakan obat ini melebihi dosis yang dianjurkan dan hentikan penggunaan apabila terjadi pusing, gelisah, sulit tidur dan jantung berdebar. Selain itu, hati-hati penggunaan bersamaan obat yang menekan sistem saluran pernafasan.

Penggunaan dosis yang besar juga dapat menyebabkan kerusakan hati dan dapat juga menyebabkan gangguan pencernaan, gangguan psikomotor, takikardi, aritmia, mulut kering dan retensi urin.

Dosis Yang Dianjurkan

  • Dewasa : 3-4 kali sehari 3-4 sendok takar(teh)
  • Anak 6-12 tahun : 3-4 kali 2 sendok takar(teh)
  • Anak 2-6 tahun : 3-4 kali 1 sendok takar(teh)

11. Proris Suspensi Ibuprofen

Merk Obat Panas

photo via goapotik.com

Proris Suspensi Ibuprofen adalah salah satu merk obat yang dapat digunakan untuk menurunkan demam dan meredakan nyeri ringan seperti sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot da nyeri paska cabut gigi.

Obat yang mengandung zat aktif Ibuprofen ini termasuk dalam golongan obat bebas terbatas. Sehingga dapat dibeli tanpa menggunakan resep dokter, namun aturan pakai serta efek sampingnya perlu diperhatikan.

Dosis Yang Dianjurkan

  • 1-2 tahun: ½ sendok takar 5 ml (2,5 ml) sebanyak 3-4 kali/hari.
  • 3-7 tahun: 1 sendok takar 5ml sebanyak 3-4 kali/hari.
  • 8-12 tahun: 2 sendok takar 5 ml (10 ml) sebanyak 3-4 kali/hari.

12. Praxion Paracetamol Micronized Syrup

Merk Obat Panas

photo via halodoc.com

Seperti namanya, obat ini mengandung paracetamol yang berfungsi sebagai analgesik dan antipiretik. Obat ini digunakan untuk menurunkan demam serta meringankan rasa sakit kepala dan gigi.

Obat ini dapat diberikan pada sikecil sebelum atau sesudah makan. Dan bila setelah 2 hari demam tidak menurun atau setelah 5 hari nyeri tidak menghilang segera hubungi dokter.

Dosis Yang Dianjurkan

  • Anak usia 0-1 tahun : 0.5 sendok takar (2.5 ml), diberikan 3-4 kali sehari.
  • Anak usia 1-2 tahun : 1 sendok takar (5 ml), diberikan 3-4 kali sehari.
  • Anak usia 2-6 tahun : 1-2 sendok takar (5-10 ml), diberikan 3-4 kali sehari.
  • Anak usia 6-9 tahun : 2-3 sendok takar (10-15 ml), diberikan 3-4 kali sehari.
  • Anak usia 9-12 tahun : 3-4 sendok takar (15- 20 ml), diberikan 3-4 kali sehari.

13. Sanmol Paracetamol

Merk Obat Panas

photo via halodoc.com

Sanmol merupakan salah satu merk obat panas atau demam anak yang sangat bagus untuk menurunkan panas si kecil. Obat ini juga dijual tanpa resep dokter. Sanmol ini mengandung bahan aktif paracetamol yang mampu mengatasi demam dan rasa sakit seperti sakit kepala, sakit gigi dan nyeri otot.

Sanmol bekerja sebagai analgesik dengan meningkatkan ambang rasa sakit serta sebagai antipiretik yang bekerja langsung pada pusat pengatur panas di hipotalamus.

Dosis Yang Dianjurkan

  • Anak (9-12 tahun) : 15-20 ml, diberikan 3-4 kali sehari.
  • Anak (6 – 9 tahun) : 10 ml – 15 ml, diberikan 3-4 kali per hari.
  • Anak (2 – 6 tahun) : 5 ml – 10 ml, diberikan 3-4 kali per hari.
  • Bayi (1 – 2 tahun) : 5 ml , diberikan 3-4 kali per hari.
  • Bayi (0-1 tahun) : 2.5 ml, diberikan 3-4 kali per hari.

14. Tempra Paracetamol

Merk Obat Panas

photo via blibli.com

Tempra Paracetamol merupakan salah satu merk obat penurun panas / demam anak yang wajib ada dirumah. Obat ini dapat digunakan untuk anak usia 0 – 2 tahun dan 2 – 6 tahun. Memiliki rasa yang enak tentunya si kecil akan menyukainya.

Obat yang digunakan sebagai analgetik untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang dan sebagai antipiretik ini dapat digunakan untuk mengurangi demam sesudah imunisasi.

Jika setelah mengkonsumsi obat ini masih demam lebih dari 2 hari atau bila masih merasa nyeri lebih dari 5 hari, segera hubungi dokter. Yang perlu diperhatikan juga, obat ini jangan diberikan pada penderita kerusakan hatu dan alergi terhadap paracetamol.

Dosis Yang Dianjurkan

  • Anak 6 – 8 tahun : 2 sendok takar (10 ml).
  • Anak 4 – 5 tahun : 1.5 sendok takar (7.5 ml).
  • Anak 2-3 tahun : 1 sendok takar (5 ml).

Diberikan tiap 4 jam, tapi tidak lebih dari 5 x sehari.

15. Termorex Paracetamol Sirup

Merk Obat Panas

photo via shopee.co.id

Obat berbentuk sirup ini tanpa alkohol dengan kandungan paracetamol dan memiliki rasa yang sangat disukai anak-anak. Termorex Paracetamol Sirup merupakan obat panas / demam anak yang efektif membantu meredakan demam pada bayi dan anak setelah imunisasi, sakit kepala dan sakit gigi.

Efek samping yang mungkin terjadi ketika mengkonsumsi obat ini antara lain mengantuk, mual dan muntah. Selain itu jika pemakaian dosis besar dapat menyebabkan kerusakan hati.

Dosis Yang Dianjurkan

  • 0 – 1 tahun : ½ sendok takar
  • 1 – 2 tahun : 1 sendok takar
  • 2 – 6 tahun : 1 – 1½ sendok takar
  • 6 – 9 tahun : 2 sendok takar
  • 9 – 12 tahun : 3 sendok takar
  • Dosis 3-4x sehari atau sesuai petunjuk dokter.

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi merk obat panas atau demam anak terbaik yang bisa orang tua berikan kepada sang buah hati. Mohon perhatikan dosis dan petunjuk pemakaian dari masing-masing obat. Apabila diperlukan, silahkan melakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter anak terdekat.

Buat sang buah hati yang lagi batuk, ada beberapa rekomendasi merk obat batuk anak yang bisa diberikan yang sudah pernah MerekBagus.com ulas sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *